Aplikasi dan Tool untuk Membuat Desain Promo bagi Pemula

Mempromosikan produk maupun acara dalam bentuk banner kemudian diposting ke media sosial, situs web, dan sebagainya adalah sebuah hal yang tidak bisa ditinggalkan. Dahulu, melakukan hal tersebut tidaklah mudah karena masih menggunakan software yang tidak semua orang familier dengannya. Sebut saja Photoshop dan Corel.
Semakin berkembangnya aplikasi, salah satu yang juga ikut terkena imbas adalah hadirnya aplikasi untuk membuat desain yang menurut saya, siapa pun bisa menggunakannya. Asal tekun menggunakannya. Kenapa tekun? Karena segala sesuatu yang beraroma seni, tidak bisa dilakukan asal cepat, asal selesai. Harus pakai hati. Tidak bisa hanya otak. Kerja otak kanan dan kiri.
Ketika saya karena suatu dan lain hal harus membuat desain promo, ada aplikasi dan tool yang saya perlukan. Akan saya bahas satu per satu.

1. Canva

Aplikasi ini tersedia dalam versi mobile dan PC. Untuk yang mobile, silakan download via Play Store. Untuk yang PC bisa langsung bergabung di Canva.com. Sekarang ini, saya lebih memilih menggunakan Canva for FC karena keleluasaan gerak untuk jemari saya. Lebih nyaman dengan mouse ketimbang di layar sentuh.
Canva menyediakan berbagai ukuran template untuk semua platform media sosial. Di akhir tulisan ini saya akan berikan contoh desain dalam 3 ukuran.

2. Imagecolorpicker.com

Tool ini gunanya untuk mendeteksi warna. Semisal membuat desain untuk sebuah buku, saya selalu memakai warna yang ada di kover buku tersebut untuk warna background dan font. Untuk tahu apa saja warna yang ada di sana, silakan klik imagecolorpicker.com.

3. Smartmockups.com

Ada banyak sekali situs yang menyediakan jasa membuat mockup dengan gratis dan berbagai bentuknya. Selain di smartmockups.com saya juga terkadang menggunakan mockup buatan diybookcovers.com yang menawarkan lebih banyak pilihan.

4. Myfonts.com/WhatTheFont

Selain mengetahui warna, mengetahui font yang terdapat pada produk juga penting adanya agar antara produk dan banner promo terkesan 1 rasa. Tidak masalah jika toh menggunakan font yang sama sekali berbeda asalkan masih senada dengan produknya. Oh ya, kendala ketika menggunakan Canva yang gratis, persediaan fontnya bisa dibilang terbatas. Jika ingin mendapatkan fasilitas lebih, silakan menggunakan yang premium.

5. Remove.bg

Jika tidak bisa menggunakan font yang serupa dengan produk. Ada cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan memasukkan tulisan yang diinginkan ke dalam desain. Tetapi, itu perlu diubah agar backrground menjadi transparan alias dan berformat PNG. Caranya adalah crop font (berlaku juga untuk gambar) lalu upload ke remove.bg. Secara otomatis tool tersebut akan menghilangkan backround dengan waktu singkat. Setelah itu simpan lalu masukkan ke Canva.

6. Freephototool.com

Bagi yang memiliki keterbatasan memori internal pada laptop atau PC, bisa menggunakan perangkat ini, walaupun tetap saja tidak sesempurna Photoshop. Setidaknya, untuk crop, brush, dan sebagainya bisa dilakukan dengan menggunakan freephototool.com.


BONUS


7. Pngitem.com

Jika membutuhkan gambar-gambar atau ikon yang tidak teredia di element Canva, bisa coba mencarinya di sini. Formatnya sudah PNG sehingga memudahkan untuk membuat lebih banyak variasi.

Itu saja, aplikasi dan tools yang bisa dipakai untuk memudahkan kita dalam membuat sebuah desain promo produk.

Selamat mencoba

IG Story

Sampel desain promo dalam 3 ukuran

Twitter

Instagram & Facebook





Previous Post Next Post

نموذج الاتصال